Pemkot Jambi Tandatangani Kerja Sama Antar Daerah

5.7k
SHARES
8.2k
VIEWS

Pemkot Jambi Tandatangani Kerja Sama Antar Daerah

INFOJAMBI.COM — Keterbatasan sumber daya yang dimiliki masing-masing daerah dapat menghambat penyelenggaraan pemerintahaan. Oleh karenanya daerah dituntut lebih proaktif dan melakukan berbagai inovasi untuk mengatasi berbagai keterbatasan.

Diantaranya dapat dilakukan dengan melakukan berbagai kerja sama antar daerah, guna mengoptimalkan potensi yang dimiliki, baik potensi sumber daya manusia, sumber daya alam serta teknologi, termasuk kerja sama bidang tera ulang yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jambi dengan pemerintah kabupaten/kota se-Provinsi Jambi, baru-baru ini.

Demikian dikatakan Asisten Pemerintahan Sekda Kota Jambi, H Mukhlis A Muis, di ruang kerjanya, Selasa (21/11/2017).

Mukhlis menjelaskan, Pemerintah Kota Jambi langsung menindaklanjuti kerja sama tersebut, dengan mengambil inisiatif dan melaksanakan perjanjian kerja sama teknis bidang tera ulang dan alat kemetrologian lainnya dengan kabupaten/kota se-Provinsi Jambi.

“Kami langsung melakukan kerja sama dengan seluruh pemerintah kabupaten/kota lainnya, sudah ada tujuh daerah, yaitu Kota Sungai Penuh, Kabupaten Muaro Jambi, Sarolangun, Tebo, Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur. Tinggal tiga lagi yang belum, yakni Bungo, Kerinci dan Merangin,” ujar Mukhlis.

Mukhlis menjelaskan, tindaklanjut dari kerja sama itu segera direalisasikan, karena telah ditanda tangani dan memiliki dasar hukum.

“Perjanjian kerja sama ini akan segera direalisasikan, karena telah memiliki dasar hukum. Seluruh alat ukur tera ulang atau alat ukur timbangan serta peralatan terkait yang merupakan bagian dari pelayanan di UPTD Metrologi Kota Jambi sudah siap melayani kebutuhan-kebutuhan daerah dalam Provinsi Jambi yang membutuhkan,” jelas Mukhlis.

Mukhlis berharap kerja sama pelayanan kemetrologian dengan kabupaten/kota yang telah ditanda tangani tersebut segera diikuti oleh kerja sama bidang lainnya.

“Tidak hanya tera ulang atau kemetrologian saja, kami berharap juga akan terbangun kerja sama di bidang lain. Mari kita bangun ikatan kerja sama yang saling menguntungkan di bidang apapun yang bermanfaat untuk maju bersama membangun Provinsi Jambi ke depan dengan Kota Jambi sebagai pusat perdagangan dan jasa berbasis masyarakat yang berahklak dan berbudaya,” terang Mukhlis.

Asisten Pemerintahan Sekda Kota Jambi yang sedang menyelesaikan tugas akhir Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat II yang dilaksanakan Lembaga Administrasi Negara (LAN) ini juga menjelaskan pentingnya kerja sama dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat.

“Sudah merupakan keharusan, karena kerja sama antar daerah itu adalah merupakan suatu inovasi atau kreatifitas daerah, untuk mewujudkan percepatan pembangunan yang merata dan berkelanjutan di suatu daerah,” pungkasnya. (Dicky — Jambi)

 

Next Post

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.